10x10 ads

11 Januari 2013

Menyanyi Obat Mujarab Bagi Lansia

Share on :


 Pdpersi, Jakarta – Juergen Beuster (75 tahun) adalah seorang penyanyi terkenal dan lebih 30 tahun memimpin paduan suara pria di sebuah kota kecil Goldenstedt, LowerSaxony.
Pensiunan guru ini mengatakan, ketika liburan ke Irlandia, dia menemukan kelompok paduan suara yang sangat sederhana dan segera menyatakan ikut bergabung.
Dengan menyanyi ternyata Beuster mampu meningkatkan kesehatannya. Sejumlah ahli mengatakan, bahwa menyanyi tidak hanya untuk kesenangan atau hobi semata tapi juga mempunyai pengaruh positif terhadap fisik dan intelektual orang-orang berusia lanjut.
Kesenangan menyanyi di kalangan orang berusia lanjut sebenarnya bukanlah hal baru karena sudah dilakukan beberapa dasawarsa lalu.
Marion Walke, misalnya, ahli teknik pernafasan, berbicara dan menyanyi yang bermarkas di Hamburg mengatakan, bahwa sudah menjadi suatu kebiasaan bagi para ornag tua yang secara teratur datang ke gereja lalu ikut menyanyi. Seiring dengan itu jumlah kelompok paduan suara yang anggotanya adalah kelompok veteran dan orang berusia lanjut pun tumbuh dengan subur.
Peter Lamprecht, Humas Perhimpunan Penyanyi Jerman mengatakan, jumlah penyanyi tua kini semakin bertambah. Dia yakin, banyak sekali manfaat menyanyi bagi para orang tua sehingga mereka bisa tetap aktif dalam kehidupan bermasyarakat.
Christina Franke, wartawan budaya di Bavaria , mengatakan, menyanyi juga dapat membantu penduduk usia tua melakukan kontak dengan orang lain sehingga mereka tidak perlu merasa kesepian.
Lamprecht menyarankan agar paduan suara itu terdiri dari anak-anak muda dan para orang tua sehingga dapat menjembatani kesenjangan antara dua generasi.
Kualitas menyanyi tidaklah terlalu penting. Namun Lamprecht menambahkan bahwa dengan sedikit ambisi sebelum melakukan pertunjukan juga bukanlah sesuatu hal yang tabu. “Toh dengan ambisi positif itu, seperti halnya olah raga, juga akan memberi pengaruh positif,” katanya.
Lothar Friedrich, Ketua Perhimpunan Paduan Suara Gereja merasa yakin bahkan sikap konsentrasi yang dibutuhkan saat menyanyi justru akan membantu kesehatan mental penduduk usia lanjut.
Fisik pun akan tertolong, antara lain lewat latihan pernafasan intensif yang kemudian juga dapat membantu proses berbicara. Menyanyi juga dapat mengatur peredaran oksigen dalam tubuh sehingga sirkulasi darah pun menjadi teratur dan akhirnya jantung pun bisa sehat.
(iis)

MIA

Hendrik ArrangerPosted By Hendrik Arranger

Bagi rekan2 yg mau bertanya, atau yg mau menggunakan jasa saya, baik itu di blog atau apa aja deh dpt menghubungi saya, dan dpt jg dgn cara jd Donatur dan atau like Blog ini demi kemajuan Blog ini juga. contact me

Thank You


Comments
0 Comments

0 Responses So Far:

Posting Komentar

> Hanya menerima komentar yang berhubungan dengan artikel, atau berupa kritik dan saran yang berhubungan dengan Blog ini.
> Komentar SARA, SPAM, Berbau busuk atau yg blm MANDI dilarang komen,,, wkwkwk
> Setiap komentar yang masuk akan saya approve kecuali komentar yang menyalahi aturan. asal jgn pake helm aja gan,,,, kikiki
> Terima kasih telah berkunjung di Blog sederhana ini. Salam sukses..!!!