10x10 ads

11 Maret 2013

Mengenal Jenis - Jenis Suara Manusia

Share on :








Suara Manusia

Sungguh.. manusia adalah satu-satunya makhluk ciptaan Tuhan dengan akurasi suara yang paling sempurna di alam semesta. Dalam ilmu fisika dan Biologi, pita suara manusia diketahui dapat menghasilkan suara mendekati frekwensi 20-20.000 Hertz, hampir sama/mendekati suara yang dapat diterima telinga manusia.

Adalah suatu hal yang sangat mengagumkan, bahwa meskipun manusia tidak memiliki instrumen musik sekalipun pada mulut dan bibirnya, namun manusia dapat menghasilkan suara dengan akurasi ketinggian seperti yang bisa dihasilkan semua alat musik yang ada di dunia. Hal ini dikarenakan pita suara manusia memiliki fleksibilitas yang sangat luar biasa. Manusia bahkan bisa mengikuti nada-nada yang tercipta dari sebuah alat musik, dengan harmoni yang menyentuh namun dengan berbagai nuansa yang berbeda.

Burung beo, kakaktua dan Nuri dapat menghasilkan suara yang sekilas tampak terdiri dari nada-nada, namun akurasi titi nada suaranya tidak dapat menyamai suara manusia. Dan perlu diketahui, bahwa tidak ada satu pembuktian pun, hingga sekarang, yang membuktikan bahwa mereka dapat mengkreasikan atau mengkomposisi nada-nada. Artinya, sebuah kalimat atau lagu yang dapat mereka suarakan atau pun nyanyikan kembali, pada dasarnya adalah berdasarkan dari apa yang mereka dengar dari induknya atau pemiliknya yang sengaja mengajarkannya, maupun suara yang didengar di sekitarnya. Seekor Nuri yang paling cerdas sekalipun, konon hanya dapat menghapal maksimal 400 memori untuk berbicara atau pun bernyanyi.

Sederhananya ¦manusia tetap dianggap sebagai makhluk yang paling sempurna dalam mengkomposisi nada-nada sekaligus menyuarakannya dengan akurasi titi nada yang mengagumkan.

Pada dasarnya suara manusia terbagi menjadi:

I.Suara Wanita Dewasa
¢Sopran (tinggi)
Contoh Penyanyi : Ruth Sahanaya, Vina Panduwinata, Anggun C.Sasmi, KD, Rossa

¢Mezzo Sopran (sedang)
Contoh Penyanyi : Dewi Gita, Evie Tamala, Ike Nurjanah, Maia, Pinkan

¢Alto (rendah)
Di zaman sekarang, tidak ada seorang peyanyi terkenal yang pernah mengeluarkan album solo di kategori suara ini. Biasanya seorang Alto bernyanyi dalam sebuah format trio, koor, atau paduan suara. Namun ada beberapa penyanyi terkenal Mezzo Sopran dan Sopran yang dapat menyuarakan Alto dengan akurat, diantaranya: Ruth Sahanaya, Anggun C. Sasmi, Reza, dan Pinkan.

Suara wanita yang lebih tinggi dari Sopran disebut Sopraneno. Penyanyi dengan kategori suara ini sangat sedikit sekali jumlahnya di dunia. Mereka antara lain Whitney Houston, Mariah Carey, dan Celine Dion. Karena suara mereka sangat langka di dunia, sudah sewajarnya mereka menjadi penyanyi kelas dunia. Konon Whitney Houston dan Mariah Carey ketinggian suaranya mencapai 5-6 oktav. Sedangkan Celine Dion yang tertinggi, mencapai 7 oktav.


II. Suara Pria Dewasa

¢Tenor (tinggi)
Contoh Penyanyi : Luciano Pavarotti, Josh Groban, Ari Lasso, Once, Ahmad Albar. Ridho Rhoma, George Michael, Michael Jackson, Sting

¢Bariton (sedang)
Contoh Penyanyi : Rhoma Irama, Afgan, Rio Febrian, Julio Iglesias

¢Bass (rendah)
Contoh Penyanyi : Ebet Kadarusman, Bob Tutupoli. Kedua penyanyi bersuara Bass tersebut bisa saja melompat ke Bariton atau Tenor, selain itu, penyanyi yang dengan sangat baik melakukan lompatan suara dari Bass menuju Bariton, bahkan hingga Tenor adalah Broery Marantika dan Frank Sinatra.

Penyanyi yang bersuara lebih rendah dari Bass di sebut Contra Bass. Penyanyi dalam kategori suara ini lazimnya digunakan pada Acapella atau Vocal Group dalam format Kuartet. Mereka tidak lazim bernyanyi sendiri.

Selain itu ada banyak Vokalis pria yang mampu melebihi suara Penyanyi Tenor Pria. Bahkan dapat melebihi suara Sopran hingga mendekati suara Sopraneno Wanita. Mereka antara lain adalah: Ekky Lamoh (Power Metal), Axl Rose (GNR), Eric Martin (Mr. Big), Sebastian Bach (Skidrow), Michael Kiske (Helloween), Mike Matejevic (Steel Heart), Joey Tempest (Europe), dll. Ketinggian suara mereka konon mencapai 5 oktav

TIDAK ADA SEORANG VOKALIS PUN YANG DAPAT MENGKLAIM BAHWA SUARANYA ADALAH YANG TERBAIK
PENYANYI YANG BAIK ADALAH PENYANYI YANG DAPAT MENEMUKAN LAGU YANG PALING TEPAT UNTUK KARAKTER VOKALNYA


Catatan:
1.Pada umumnya suara wanita lebih tinggi dari suara pria.
2.Lazimnya semakin dewasa seorang wanita, semakin melengking tinggi suaranya. Karena secara Biologis semakin beranjak dewasa, pita suara wanita semakin menipis. Bagi pria sebaliknya.
3.Pengetahuan mengenai suara ini sangat penting untuk menemukan nada dasar sebuah lagu tanpa harus menghitung dengan rumus-rumus musik yang rumit.
4.Ketinggian suara penyanyi-penyanyi di atas ditentukan penulis hanya dengan mendengarkan hasil rekamannya dan dari beberapa sumber media
5. Bagi anda yang ingin mengukur suara anda, silahkan membuka kolom Tips&Trik: Tips Mengetahui Wilayah Suara Anda atau Seorang Penyanyi

SUMBER :ALIV K(Admin keyboardiz)


Hendrik ArrangerPosted By Hendrik Arranger

Bagi rekan2 yg mau bertanya, atau yg mau menggunakan jasa saya, baik itu di blog atau apa aja deh dpt menghubungi saya, dan dpt jg dgn cara jd Donatur dan atau like Blog ini demi kemajuan Blog ini juga. contact me

Thank You


Comments
0 Comments

0 Responses So Far:

Posting Komentar

> Hanya menerima komentar yang berhubungan dengan artikel, atau berupa kritik dan saran yang berhubungan dengan Blog ini.
> Komentar SARA, SPAM, Berbau busuk atau yg blm MANDI dilarang komen,,, wkwkwk
> Setiap komentar yang masuk akan saya approve kecuali komentar yang menyalahi aturan. asal jgn pake helm aja gan,,,, kikiki
> Terima kasih telah berkunjung di Blog sederhana ini. Salam sukses..!!!